Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan
pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu
dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diprodukei, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga
memberikan kepuasan kepada konsumen jika
menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang
lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta &
Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan(Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal
bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan
mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan
falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".
Konsep pemasaran
Sebagai falsafah bisnis,
konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap
keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi
berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi
pada produk, dan penjualan.
Secara definitif
dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah
bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat
ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsur konsep
pemasaran:
1.
Orientasi pada Konsumen
2.
Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.
Kepuasan Konsumen
Konsep pemasaran
Sebagai falsafah bisnis,
konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap
keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi
berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi
pada produk, dan penjualan.
Secara definitif
dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah
bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat
ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsur konsep
pemasaran:
1.
Orientasi pada Konsumen
2.
Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.
Kepuasan Konsumen
Rujukan
·
Dharmmesta, B.S. & Handoko, H.(1982), Manajemen Pemasaran:
Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada
·
Ferrel, O.C, Hirt, G. & Ferrel, L.(2008). Business: A Changing
World. New York: McGraw-Hill Book Company.
·
Kotler, P.(1980), Marketing Management: Analysis, Planning, and
Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.
·
Stanton, W.J.(1978), Fundamentals of Marketing, 5th Ed. Tokyo:
Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.
Sumber :
Menurut tanggapan saya pembentukan
manajemen pemasaran dalam suatu perusahaan adalah untuk meningkatkan kualitas
suatu perusahaan dan bagaimana mempertahankan suatu usaha yang berjangka waktu
panjang. Proses pemasaran yang dilakukan haruslah yang dapat memuaskan dan
dapat diterima masyarakat atau konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar